Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Cikal Bakal Jet Tempur Nirawak AS, ITB, Palestina
Cikal Bakal Jet Tempur

By Ninik Kristiani 21 Mei 2021, 06:15:30 WIB Internasional
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Cikal Bakal Jet Tempur Nirawak AS, ITB, Palestina

Gambar : Skyborg Autonomy Core System. Foto: US Air Force


Reporter:  Tempo.co

Editor: Erwin Prima

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Angkatan Udara Amerika Serikat telah melakukan uji terbang perdana Skyborg Autonomy Core System (ACS) berteknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Dalam pengujiannya, jenis pesawat nirawak atau drone yang diproyeksikan sebagai jet tempur nirawak itu mampu terbang selama 2 jam 10 menit di atas Florida dan Teluk Meksiko.

Berita terpopuler selanjutnya tentang Institut Teknologi Bandung (ITB) sedang menyiapkan kuliah langsung di kampus Jalan Ganesha pada semester baru yang digelar Juni-Juli 2021. Sebelumnya kuliah serupa telah diterapkan di kampus ITB Jatinangor secara terbatas.

Selain itu, berbagai senjata sedang digunakan dalam perang proxy antara kelompok militan Hamas dan militer Israel di Jalur Gaza Palestina, termasuk roket, ATGM (rudal anti-tank), drone kamikaze, sistem pertahanan udara Iron Dome, dan jet tempur siluman F-35, sebagaimana dilaporkan situs Military Ezy Info.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Skyborg Sukses Uji Terbang, Cikal Bakal Jet Tempur Nirawak Amerika

Angkatan Udara Amerika Serikat telah melakukan uji terbang perdana Skyborg Autonomy Core System (ACS) berteknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Dalam pengujiannya, jenis pesawat nirawak atau drone yang diproyeksikan sebagai jet tempur nirawak itu mampu terbang selama 2 jam 10 menit di atas Florida dan Teluk Meksiko.

Brigjen Dale White, pejabat eksekutif untuk program pesawat tempur masa depan di Pusat Manajemen Daur Ulang Angkatan Udara, AU AS, puas atas hasil uji yang disebutnya keberhasilan versi awal dari sistem Skyborg. “Ini adalah langkah pertama dalam maraton pertumbuhan progresif teknologi Skyborg,” ujar dia, seperti dikutip Daily Mail, 14 Mei 2021.

Drone lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Tyndall di Florida pada 29 April 2021. Angkatan Udara Amerika Serikat baru mengumumkan pencapaiannya minggu lalu. “Penerbangan awal ini memulai kampanye eksperimentasi yang akan terus mengembangkan ACS dan membangun kepercayaan pada sistem,” kata White.

Skyborg ACS merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk bertindak sebagai otak bagi drone. Teknologi ini memungkinkannya untuk melakukan operasi tanpa campur tangan manusia.

2. Semester Baru, ITB Jajal Kuliah Langsung di Kampus Ganesha

Institut Teknologi Bandung (ITB) sedang menyiapkan kuliah langsung di kampus Jalan Ganesha pada semester baru yang digelar Juni-Juli 2021. Sebelumnya kuliah serupa telah diterapkan di kampus ITB Jatinangor secara terbatas.

“Fakultas bertanggung jawab terhadap program dan aktivitas selama di kampus,” kata Tatacipta Dirgantara, Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB, Selasa 18 Mei 2021.

Pihaknya kini tengah menyusun jadwal praktikum Proses Manufaktur untuk mahasiswa sarjana Teknik Mesin semester 5. Jumlahnya sekitar 200 orang. Selain itu satuan tugas di fakultas juga menyiapkan protokol kegiatan. Rangkaiannya seperti dari pengaturan aliran kedatangan mahasiswa sampai memastikan protokol kesehatan tetap terjaga, juga menyiapkan fasilitas dan para asisten praktikum.

Adapun terkait protokol kesehatan, menurut Tata, akan dikelola oleh Satuan Tugas Covid-19 ITB secara terpusat. “Protokol mencakup kedatangan mahasiswa, tempat tinggal selama di Bandung, sampai protokol berkegiatan di luar ITB,” katanya.

3. Hamas vs Israel, Perbandingan Senjata yang Digunakan

Berbagai senjata sedang digunakan dalam perang proxy antara kelompok militan Hamas dan militer Israel di Jalur Gaza Palestina, termasuk roket, ATGM (rudal anti-tank), drone kamikaze, sistem pertahanan udara Iron Dome, dan jet tempur siluman F-35, sebagaimana dilaporkan situs Military Ezy Info.

Konflik dimulai ketika otoritas Israel berusaha mengusir warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Bentrokan kemudian terjadi antara polisi Israel dan jemaah Palestina di Masjid Al-Aqsa.

Konflik telah meningkat karena Hamas dan Jihad Islam telah menembakkan lebih dari 1.500 roket, rudal, dan mortir ke Israel. Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), enam warga Israel, termasuk tentara dan warga India, tewas dalam serangkaian serangan yang menargetkan rumah dan sekolah. Ratusan lainnya terluka. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Kasus Covid-19 Yogya Menurun, Wahana Cina Zhurong

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita