Resep dan Cara Membuat Lapis Legit Bangka yang Super Legit dan Moist
Lapis Legit Bangka

By Ninik Kristiani 11 Jul 2021, 07:56:55 WIB Kuliner
Resep dan Cara Membuat Lapis Legit Bangka yang Super Legit dan Moist

Gambar : Lapis Legit Bangka Buatan Dapoer Om Iffat | Koleksi foto Dapoer Om Iffat


Kompasiana--Kue Lapis Legit Bangka merupakan salah satu jenis kue yang sangat enak dan diminati oleh banyak orang. Selain rasanya yang manis juga memiliki tekstur yang lembut dan sedikit basah (moist) dan akan lumer di mulut beberapa saat setelah dikunyah.

Berbeda halnya dengan beberapa jenis kue lapis legit bikinan pabrik yang banyak dijual di toko-toko kue atau supermarket dan minimarket yang kebanyakan teksturnya lebih kasar hampir mirip dengan tekstur kue bolu. 

Dari bahan-bahan yang digunakan serta proses pembuatannya, lapis legit Bangka memang berbeda dengan lapis legit lainnya yang dijual di pasaran pada umumnya.

Biasanya lapis legit Bangka ini menggunakan bahan spesial creamery butter Belanda yaitu Wijsman yang membuat teksturnya menjadi lebih lembut dan aromanya lebih harum jika dibandingkan dengan butter merek lainnya. 

Walaupun dari segi harga, butter Wisjman memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan butter lainnya sehingga menyebabkan harga jual lapis legit Bangka tentunya akan menjadi lebih mahal. Tapi justru itulah yang menjadi ciri khas lapis legit Bangka ini, walaupun mahal tapi tetap banyak dicari orang karena enaknya.

Selain menggunakan creamery butter Wijsman, juga menggunakan kuning telur yang cukup banyak. Untuk loyang dengan ukuran 22cm x 22cm x 7cm akan menggunakan 22 butir kuning telur yang nantinya di-mixer bersamaan dengan gula halus hingga adonannya mengembang. Proses mixing ini memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Disamping menggunakan telur kuning juga tetap menggunakan telur putih tapi jumlahnya sedikit saja hanya 7 butir yang sudah dipisahkan dari telur kuningnya. 

Telur putih ini nantinya di-mixer hingga berbusa putih dan mengembang, cara mengetahuinya adalah apabila wadah atau baskomnya dibalikkan, maka telur putih yang sudah mengembang tersebut tidak akan tumpah atau terjatuh lagi. 

Ini untuk menandakan bahwa telur putih tersebut sudah mengembang sempurna dan siap nantinya dicampurkan dengan adonan lainnya.

Demikian pula untuk margarin dan butter Wijsman-nya, sebelum dicampurkan dengan adonan lainnya, kedua bahan ini harus terlebih dahulu di-mixer agar tercampur merata dan mengembang, memerlukan waktu sekitar 15 menit lamanya.

Untuk proses pemanggangan, kita bisa menggunakan oven listrik atau oven gas elpiji dengan menggunakan pemanasan menggunakan api atas, karena lapisan atau layer lapis legit ini cukup tipis, jadi cukup menggunakan api atas saja. Temperatur yang digunakan berkisar antara 160 -- 180 derajat Celcius.

Enaknya Kue Lapis Legit Buatan Dapoer Om Iffat | Koleksi foto Dapoer Om Iffat

Enaknya Kue Lapis Legit Buatan Dapoer Om Iffat | Koleksi foto Dapoer Om Iffat

Diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi untuk membuat kue lapis legit ini karena prosesnya cukup lama dikarenakan proses pemanggangannya harus selapis demi selapis dan lapisannya tidak boleh terlalu tebal. Jumlah lapisannya berkisar antara 25 - 30 lapisan untuk sampai memenuhi tinggi loyangnya.

Jadi jika 1 lapisan atau layer membutuhkan waktu sekitar 5 menit hingga 6 menit maka untuk memanggang kue lapis legit ini akan membutuhkan waktu sekitar 120 menit hingga 150 menit. Lumayan cukup lama kan?

Jadi wajar saja harga kue lapis legit ini lebih mahal dibandingkan dengan kue bolu atau kue tart. Untuk ukuran 18cm x 18cm x 7cm harganya berkisar antara Rp300.000 hingga Rp400.000 sedangkan untuk ukuran 24cm x 24cm x 7cm berkisar antara Rp500.000 hingga Rp650.000 tergantung di mana Anda membelinya.

Kali ini saya ingin berbagi "The Secret Recipe" Lapis Legit Bangka ini kepada Anda semua. Apa saja bahan-bahan yang digunakan serta bagaimana cara membuatnya. Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue Lapis Legit Bangka untuk ukuran loyang 22cm x 22cm x 7cm.

RESEP LAPIS LEGIT UKURAN 22CM x 22CM x 7CM

  • 22 kuning telur
  • 7 putih telur
  • 300 gram margarine / mentega
  • 200 gram butter Wijsman
  • 500 gram gula halus
  • 225 gram tepung terigu kunci biru
  • 2 sachet tepung susu
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 1 sdm vanili bubuk

Proses Pembuatan Lapis Legit Bangka di Dapoer Om Iffat | Koleksi foto Dapoer Om Iffat

Proses Pembuatan Lapis Legit Bangka di Dapoer Om Iffat | Koleksi foto Dapoer Om Iffat

Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue Lapis Legit ini seperti resep di atas.
  2. Pisahkan 22 butir telur kuning dari telur putihnya dan semua telur kuning tersebut ditempatkan di wadah atau baskom yang nantinya akan dipakai untuk mengocok telurnya. Sedangkan untuk telur putihnya cukup diambil 7 butir saja dan ditaruh di wadah atau baskom yang lainnya untuk nantinya dikocok atau di-mixer.
  3. Campurkan margarin dan butter Wijsman di wadah atau baskom tersendiri kemudian dikocok atau di-mixer hingga tercampur merata dan mengembang. Diperlukan waktu sekitar 15 menit agar adonan margarin dan butter ini mengembang dengan sempurna.
  4. Masukkan 500 gram gula halus ke wadah atau baskom kuning telur kemudian dikocok atau di-mixer hingga mengembang. Diperlukan waktu sekitar 20 menit hingga 25 menit agar bisa mengembang dengan sempurna.
  5. Kocok atau di-mixer 7 butir telur putih yang sudah dipisahkan dari telur kuningnya hingga mengembang menjadi busa putih. Diperlukan waktu sekitar 12 menit hingga 15 menit agar bisa menjadi busa.
  6. Masukkan adonan margarin dan butter Wijsman ke dalam adonan telur kuning dan gula halus tadi sambil diaduk hingga betul-betul merata.
  7. Masukkan tepung terigu menggunakan saringan atau ayakan secara perlahan sambil diaduk agar tercampur merata.
  8. Masukkan susu bubuk sebanyak 2 sachet ukuran kecil dan 1 sdm bubuk vanilli sambil diaduk merata, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kaleng susu kental sambil terus diaduk merata.
  9. Masukkan busa putih telur ke dalam adonan kemudian diaduk agar tercampur merata.
  10. Semua adonan sekarang sudah menjadi satu adonan dan siap untuk dipanggang di oven.
  11. Masukkan baking paper ke dalam loyang untuk dijadikan sebagai alasnya atau jika tidak menggunakan baking paper bisa dengan mengoleskan margarin ke alas loyangnya kemudian ditaburi dengan tepung terigu agar nantinya lapisan paling bawah tidak lengket.
  12. Gunakan cangkir untuk dijadikan sebagai takaran. Masukkan adonan ke dalam cangkir hingga penuh kemudian adonan tersebut dituangkan ke dalam loyang. Ratakan adonan dengan sendok hingga merata ke dalam loyang tersebut.
  13. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat celcius dengan menggunakan api atas-bawah sekitar 3-5 menit. Kemudian setelah panas, ganti setting apinya ke posisi api atas saja dengan temperatur 160 derajat celcius.
  14. Loyang yang sudah berisi adonan dimasukkan ke dalam oven dan tunggu hingga menguning keemasan baru kemudian dikeluarkan dari oven untuk selanjutnya dimasukkan adonan lapisan kedua dengan menggunakan cangkir takaran yang sama.
  15. Lapisan kedua dan seterusnya dipanggang hingga lapisan terakhir penuh ke dalam loyang tersebut.
  16. Tunggu sampai dingin untuk dikeluarkan dari loyang. Caranya digoyang-goyang loyangnya hingga pinggiran kue lapis legit tersebut tidak melengket lagi dengan loyangnya. Setelah itu lapisi atasnya dengan plastik dan alas kue ukuran 22cm, kemudian dibalik hingga kue lapis legitnya keluar dari loyangnya. Kemudian posisi atasnya dilapisi lagi dengan plastik dan alas kue yang sudah disiapkan, selanjutnya dibalik lagi hingga bagian atas lapis legit tadi berada di posisi atas.
  17. Demikianlah cara membuat kue lapis legit Bangka yang rasanya super legit.

Proses Pemanggangan Kue Lapis Legit Bangka | Koleksi Foto Dapoer Om Iffat

Proses Pemanggangan Kue Lapis Legit Bangka | Koleksi Foto Dapoer Om Iffat

 

Semoga informasi mengenai tips cara membuat kue Lapis Legit Bangka ini bisa bermanfaat bagi Anda dan mungkin bisa juga dijadikan sebagai bisnis tambahan Anda di rumah apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang tidak menentu ini banyak di antara kita yang sebagian besar waktunya berada di rumah sehingga perlu diisi dengan hal-hal yang bersifat produktif.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda menonton videonya di link di bawah ini dan apabila menurut Anda cukup menarik, Anda juga bisa berbuat amal untuk membagikan resep dan cara membuat kue Lapis Legit Bangka ini ke teman-teman Anda yang mungkin saat ini membutuhkannya. Dijamin mereka pasti akan sangat berterima kasih kepada Anda!

Salam sukses dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda agar kita semua bisa melalui situasi yang sangat sulit ini.

Berikut link video cara membuat kue Lapis Legit Bangka, Silahkan klik link video ini. atau simak videonya berikut.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita