Sekjen PBB Serukan Solidaritas Global dalam Perangi Pandemi
Solidaritas Global

By Ninik Kristiani 25 Mei 2021, 17:43:02 WIB Internasional
Sekjen PBB Serukan Solidaritas Global dalam Perangi Pandemi

Gambar : Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres berbicara pada KTT PBB ASEAN ke-9 di Manila, Filipina, 13 November 2017. (Foto: Reuters)


Associated Press- PBB Antonio Guterres menyerukan solidaritas global dalam memerangi pandemi. Ia mendesak para pemimpin global untuk mengambil keputusan berani yang diperlukan untuk mengakhiri pandemi sedini mungkin.

COVID-19 tidak bisa dikalahkan satu negara pada satu waktu, kata Guterres ketika menyampaikan pidato pada pembukaan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) ke-74, yang dimulai Senin (24/5) di Wina. Para pemimpin dunia harus segera meningkatkan rencana global untuk akses yang adil ke vaksin, tes dan perawatan COVID-19, kata ketua PBB itu melalui tautan video.

"COVID-19 tidak bisa dilihat secara terpisah dari masalah mendasar sistem kesehatan kita: ketidaksetaraan, kekurangan dana, rasa puas diri, penelantaran. Dengan sistem perawatan kesehatan dasar yang tepat, kita akan pulih lebih cepat dari pandemi ini, dan mencegah pandemi berikutnya sebelum terjadi," tambah Guterres.

Ia mengatakan bentuk perawatan kesehatan lain tidak boleh diabaikan, tetapi bergerak maju bersamaan pencegahan COVID.

"Upaya kita untuk pulih dari COVID-19 tidak boleh mengorbankan perawatan kesehatan penting lainnya, dari layanan reproduksi wanita hingga vaksinasi anak-anak dan cakupan kesehatan jiwa," katanya. COVID-19 harus menjadi titik balik, Guterres menekankan. [ka/ft]




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita