Rumah Digital Indonesia, Festival Kemerdekaan Virtual Pertama dan Terbesar di Indonesia
Rumah Digital Indonesia

By Ninik Kristiani 30 Jul 2021, 05:51:05 WIB Sejarah Indonesia
Rumah Digital Indonesia, Festival Kemerdekaan Virtual Pertama dan Terbesar di Indonesia

Gambar : Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia (Shuttestock)


30 Jul 2021, 00:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 sebentar lagi tiba. Sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta tentu sudah tidak sabar dengan perayaan dan selebrasi hari kemerdekaan bukan? Sayangnya, perayaan 17 Agustus-an tahun ini masih harus dilakukan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hampir 1,5 tahun lamanya.

Namun pandemi tidak menghalangi semangat kita untuk merayakan hari kemerdekaan Agustus nanti. Tahun 2021 ini, Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir sebagai festival kemerdekaan virtual pertama di Indonesia!

Sebagai festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar di Indonesia, Rumah Digital Indonesia akan menghadirkan dua acara utama, yakni Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan. Konsep festival kemerdekaan virtual ini dijamin unik dan baru, karena pertama kalinya dihadirkan dalam sebuah arena virtual 360 yang bisa dijelajahi para pengunjung secara online. 

Acara pembukaan Rumah Digital Indonesia berlangsung pada 1 Agustus 2021 mulai pukul 15.00 WIB. Sementara itu, acara puncak perayaan kemerdekaan diadakan pada tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menyaksikan Rumah Digital Indonesia secara virtual atau daring melalui website rumahdigitalindonesia.id yang mulai dapat dikunjungi secara gratis mulai tanggal 1-31 Agustus 2021. 

Berikut ini adalah rangkaian festival Rumah Digital Indonesia 1-31 Agustus 2021, dalam rangka Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

1. Panggung Nasional

Panggung Nasional

Ilustrasi Panggung Nasional festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar di Indonesia. (Dok. Rumah Digital Indonesia)

Panggung Nasional adalah panggung utama di RDI di mana akan berlangsung puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dengan menampilkan rangkaian acara:

Tanggal 1 Agustus 2021: Pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo, Bincang Bangsa bersama Putri Tanjung, dan Konser Kolaborasi Nusantara bersama Nadin Amizah, Teddy Adhitya, Idgitaf, Bilal Indrajaya, Adrian Khalif, SIVIA.

Konser Kolaborasi Nusantara dan Bincang Bangsa, Minggu 1 Agustus 2021, mulai pukul 15.00 WIB.

Konser Kolaborasi Nusantara dan Bincang Bangsa, Minggu 1 Agustus 2021, mulai pukul 15.00 WIB.

Tanggal 16 Agustus 2021: Upacara detik-detik proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal bersama Yura Yunita, Budi Doremi, Jemimah Cita, Putri Ariani, Indra Jegel, Arief Brata, dan masih banyak lagi.

 

2. Arena Lomba 17-an

Ilustrasi lomba 17-an.

Ilustrasi lomba 17-an. (Shutterstock)

Di sini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

3. Ruang Seni dan Budaya

Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum, antara lain berupa: Tarian nuansa Nasional & kedaerahan, pembacaan puisi & syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah & Nasional.

Rumah Digital Indonesia juga membuka kesempatan kepada teman-teman semua untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengirimkan hasil karya kalian ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sebelum 20 Agustus 2021. Karya terpilih akan ditampilkan di Ruang Seni & Budaya RDI dan bisa ditonton seluruh masyarakat Indonesia

4. Ruang Komunitas

Dalam Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen “Cerita Kemerdekaan”. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

5. Pasar Lokal

Ada bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa.

6. Ruang Literasi Digital

Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

7. Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia

Sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per-provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Rayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat Pancasila untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Yuk, eksplor berbagai aktivitas menarik, mulai dari menyaksikan upacara, melihat pertunjukan seni hingga bermain permainan lomba khas 17-an di Rumah Digital Indonesia. Jangan lupa untuk menyaksikan Acara Pembuka Rumah Digital Indonesia pada tanggal 1 Agustus 2021 mulai pukul 15:00 WIB.

Informasi selengkapnya kunjungi website rumahdigitalindonesia.id dan Instagram @rumahdigitalindonesia.id

(*)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita