Profil Eurico Guterres Eks Milisi Timor Timur Penerima Bintang Jasa Utama
Eurico Guterres Eks Milisi Timor Timur

By Ninik Kristiani 13 Agu 2021, 05:50:13 WIB Tokoh
Profil Eurico Guterres Eks Milisi Timor Timur Penerima Bintang Jasa Utama

Gambar : Eurico Guterres. TEMPO/ Tony Hartawan


Reporter: Egi Adyatama

Editor: Eko Ari Wibowo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo menganugerahkan Bintang Jasa Utama pada Eurico Guterres, Ketua Umum Uni Timor Aswain (UNTAS) dan Ketua Forum Komunikasi Pejuang Timor Timur, Kamis, 12 Agustus 2021 di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya," ujar Sekretaris Militer Presiden dan selaku Sekretaris Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Marsekal Madya M Toni Harjono, saat membacakan keputusan.

Eurico merupakan bekas milisi Timor Timur yang pro integrasi dengan Indonesia. Ia lahir di Viqueque, Timor pada 4 Juli 1969. Ia memilih kebangsaan Indonesia setelah Timor Timur akhirnya merdeka. Di era pemerintahan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, Eurico sempat menjadi anggota DPRD.

Pada 27 November 2002, Pengadilan Negeri HAM Ad Hoc di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 27 November 2002 memvonis Eurico 10 tahun penjara. Ia dituduh melakukan pembantaian pasca-referendum dan penghancuran ibukota Dili.

Namun pada 2008, Mahkamah Agung mengabulkan permohonan peninjauan kembali Bekas Wakil Panglima Pasukan Pejuang Prointegrasi ini dan membebaskannya. Dalam wawancara bersama Koran Tempo pada 15 Maret 2006, Eurico mengaku tak bersalah dalam kasus pelanggaran HAM Berat tersebut.

"Saya tidak bersalah. Apakah persoalan Timor Timur merupakan persoalan saya sendiri?" ujarnya kepada Tempo.

Dalam kasus pelanggaran HAM Timor-Timur, menurut Eurico, banyak pihak yang terlibat. Pihak yang, menurut Eurico, semestinya bertanggung jawab justru lolos dari jerat hukum. "Saya sengaja dikorbankan," dia melanjutkan.

Erico juga menjadi Ketua Umum Uni Timor Aswain (UNTAS) pada 2010 hingga 2019 lalu. UNTAS adalah wadah resmi yang mewakili warga eks Timor Timur yang masih setia dan menetap di Indonesia.

Selama ini, Eurico juga dikenal aktif di partai politik. Ia kerap bergonta-ganti kapal sejak 1999. Mulai dari Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), partai Persatuan Indonesia (Perindo), hingga terakhir bergabung dengan Partai Gerindra pada 2021 lalu.

Eurico mendapatkan Penghargaan Bintang Jasa Utama bersama dengan Almarhum Rusdi Sufi, seorang Akademisi dan pemeliharaan warisan sejarah serta budaya Aceh; Goldammer, Johan George, Andreas, seorang Ilmuwan berkebangsaan Jerman dari Universitas Freiburg; dan Ishadi Soetopo Kartosapoetro, Komisaris Trans Media.

Baca: Penerima Tanda Jasa: Artidjo, Eks Menteri Era Gus Dur hingga Eurico Guterres

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita