Paus Fransiskus Jalani Operasi Akibat Radang Usus Besar
Paus Fransiskus

By Ninik Kristiani 05 Jul 2021, 08:14:21 WIB Internasional
Paus Fransiskus Jalani Operasi Akibat Radang Usus Besar

Gambar : Paus Fransiskus (Foto: AP Photo/Domenico Stinellis)


Tim detikcom - detikNews

Senin, 05 Jul 2021 07:12 WIB

Vatikan--Paus Fransiskus menjalani operasi untuk usus besar yang meradang. Hal itu diketahui lewat pernyataan dari Vatikan.

Dilansir dari AFP, Senin (5/7/2021), Paus dirawat di Rumah Sakit Universitas Gemelli Roma. Vatikan menyebut perawatan itu dilakukan untuk operasi terjadwal stenosis divertikular simtomatik usus besar.

Kondisi ini disebut menyebabkan peradangan divertikulum yang berpotensi menyakitkan, kantong yang dapat terbentuk di dinding usus besar dan cenderung berkembang biak seiring bertambahnya usia. Komplikasi potensial adalah penyempitan usus besar yang tidak normal.

Baca juga:PM Irak Temui Paus Fransiskus di Vatikan, Bahas Apa?

Pada Minggu (4/7) pagi, Paus sempat memberikan doa Angelus mingguan di Lapangan Santo Petrus. Di sana, dia mengumumkan bahwa dia akan mengunjungi Slovakia pada bulan September setelah singgah sebentar di Hongaria untuk merayakan misa di Budapest.

Pada sore hari, Paus tiba di klinik ditemani oleh sopirnya dan seorang pembantu dekatnya. Media Italia mengatakan Paus berada di ruang operasi beberapa jam kemudian.

Setelah operasi, sebuah pernyataan dari Vatikan mengatakan dia telah bereaksi dengan baik terhadap operasi tersebut. Paus diperkirakan akan menghabiskan malam di rumah sakit.

Baca juga:Merebak Spekulasi Gereja Dibakar di Kanada terkait Temuan Kuburan Anak

Dalam beberapa tahun terakhir, Paus harus membatalkan beberapa penampilan publik dan terkadang mengalami kesulitan berjalan. Lahir pada 17 Desember 1936 di Argentina, Paus Fransiskus kehilangan sebagian paru-paru kanannya pada usia 21 tahun. Dia juga menderita masalah pinggul dan linu panggul.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Slovakia akan mencakup kota Bratislava, Presov, Kosice dan Sastin. Meskipun rencana lebih rinci untuk perjalanan itu akan diumumkan kemudian, tidak ada indikasi bahwa Paus bermaksud untuk bertemu dengan para pemimpin politik Hongaria selama kunjungannya di Budapest.

Baca juga:Hadiah Ultah Tak Terduga dari Pendemo Myanmar bagi Pimpinan Junta

(haf/lir)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita