Olimpiade Tokyo 2020 : \"28 Wakil Atlet Indonesia Siap Berjuang dan Pasti Bisa\"
Olimpiade Tokyo 2020

By Ninik Kristiani 12 Jul 2021, 05:35:57 WIB Sejarah Indonesia
Olimpiade Tokyo 2020 : \"28 Wakil Atlet Indonesia Siap Berjuang dan Pasti Bisa\"

Gambar : Foto Ilustrasi : Atlet indonesia yang berjuang di olimpiade tokyo 2020


Kompasiana, 12 Jul 2021

Sejarah Indonesia ikut serta Olimpiade

Indonesia merupakan negara Asia Tenggara yang selalu mengikuti perhelatan olimpiade. Awal mula ikut serta semenjak tahun 1952 di Helsinki, Finlandia. Selama mengikuti perhelatan olahraga terbesar ini, Indonesia telah meraih 7 Emas 13 Perak dan 12 Perunggu. Terdiri dari beberapa cabang olahraga seperti Bulu Tangkis, Angkat Besi, dan Panahan.

Komite Olimpiade Nasional didirikan pada tahun 1946 dan di akui pada tahun 1952. Medali pertama Indonesia di raih pada cabang olahraga panahan di Olimpiade  Seoul 1988 yaitu  ketika Tim Beregu panahan puteri meraih medali perak untuk negara tercinta Indonesia. Sekian lama mengikuti perhelatan Olimpiade ini, medali emas pertama diraih  oleh Susi Susanti pada cabang olahraga Bulu Tangkis di tahun 1992 di Olimpiade Barcelona.

Hingga saat ini Indonesia selalu meraih medali Emas untuk cabang olahraga bulu tangkis semenjak tahun 1992, pernah absen tidak mendapat medali di Olimpiade London pada tahun 2008. Indonesia gagal membawa pulang medali untuk Indonesia, karena persaingan seluruh atlet sangat ketat dan semuanya menginginkan untuk mendapatkan gelar juara dan meraih prestasi yang terbaik untuk negaranya.

Olimpiade Tokyo 2020 segera dimulai

Olimpiade Tokyo 2020 sempat di tunda selama satu tahun karena wabah pandemi covid-19, sekarang perhelatan olahraga terbesar ini resmi di buka pada tanggal 23 Juli 2021. Para atlet di seluruh dunia akan berkumpul di Tokyo untuk memperjuangkan impian terbesarnya, membawa mendali untuk negaranya masing-masing. Acara ini akan di langsung kan secara online tanpa ada penonton, untuk menajga keamanan kesehata para atlet dalam bertanding di tengah musibah dunia yaitu melawan Covid 19.

Indonesia kembali membawa Putera-Putri terbaiknya untuk mewakili negara untuk bertanding di acara besar ini, Indonesia mengirim 28 perwakilannya untuk Olimpiade Tokyo 2020. Tepat pada tanggal 8 Juli 2021 Bapak Presiden Jokowi membuat acara pelepasan untuk para atlet di halaman Istana Merdeka yang akan pergi berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.

Daftar nama Atlet yang berjuang di Olimpade Tokyo 2020

Pada cabang olahraga bulu tangkis di wakili oleh Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putera), Jonathan Christie (Tunggal Putera), Gregoria Mariska Tanjung (Tunggal puteri), Greysia Polii / Apriayani Rahayu (Ganda Puteri), Kevin Sanjaya Sukamuljo /  Marcus Fernaldi Gideon (Ganda Putera), Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan (Ganda Putera), dan Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti (Ganda Campuran).

Pada cabang olaharaga menembak di wakili oleh Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10 meter dan 50 meter air rifle), sedangkan pada cabang olahraga panahan di wakili oleh Riau Ega Salsabila (Recurve Perorangan / Beregu Campuran / Beregu Putera), Arief Dwi Pangestu (Recurve Perorangan / Beregu Putera), Bagas Prastyadi (Recurve Perorangan / Beregu Putera), dan Diananda Chairunnisa(Recurve Puteri / Beregu Campuran).

Pada cabang olahraga Atletik di wakili oleh Lalu Muhammad Zohri (100 meter Putera) dan Alvin Tehupeiory (100 meter Puteri). Kemudian cabang olahraga Rowing di wakili oleh Mutiara Rahma Putri (Lightweight Women Double) dan Melanie Putri (Lightweight Women Double). Sedangkan pada cabang olahraga Surfing diwakili oleh Rio Waida (Man Shortboard) dan I Ketut Agus Aditya Putta (Alternate Athlete).

Pada cabang olahraga Angkat Besi di wakili oleh Eko Yuli Irawan (61 kg Putera), Deni (67 kg Putera), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg Putera), Windy Cantika (49 kg Puteri) dan Nurul Akmal (+87 kg Puteri). Terakhir pada cabang olahraga renang di wakili oleh Aflah Fadlan Prawira (400 meter & 1500 meter Gaya Bebas Putera) dan Azzara Permatahani (400 meter Gaya Ganti Perorangan Puteri).

Harapan dan Doa untuk para atlet Indonesia

Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dan benar, selalu mendoakan yang terbaik untuk para atlet kita yang akan berjuang di Tokyo dengan membawa nama bangsa. Semoga apa yang menjadi target dan harapan kita bersama dapat tercapai dan di permudahkan langkahnya untuk menggapai prestasi yang terbaik di mata dunia.

Rakyat Indonesia sangat rindu dengan berkumandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya di perhelatan olahraga terbesar didunia ini. Kita berharap kejadian momen di Rio Je Denairo Brazil yang di peroleh oleh Liliayan Natsir dan Tantowi Ahmad dapat terulang kembali untuk negara kita tercinta Indonesia.

Apapun hasilnya yang di berikan oleh para atlet kita disana, itulah yang terbaik dari perjuangan yang sudah mereka perjuangkan. Mari kita doakan semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala hal apa pun urusan mereka disana, jangan menjadi warga negara yang berprilaku buruk dengan memberi komentar di akun media social para atlet kita.

Selamat berjuang para atlet Indonesia, Semoga kalian menjadi Juara untuk negeri kita tercinta Indonesia. Ayo Indonesia ... Pasti Bisa !!!




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita