Mengenal Apa Itu Suntik DNA Ikan Salmon yang Dilakukan Krisdayanti ?
DNA Ikan Salmon

By Ninik Kristiani 07 Mei 2021, 11:56:27 WIB Teknologi
Mengenal Apa Itu Suntik DNA Ikan Salmon yang Dilakukan Krisdayanti ?

Gambar : Krisdayanti di Indonesian Idol Special Season(YouTube Indonesian Idol)


Penulis Nur Fitriatus Shalihah | Editor Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Perawatan kulit wajah yang dilakukan Krisdayanti dengan menggunakan ekstrak DNA ikan salmon, kembali menjadi perbincangan. Melalui akun Instagramnya, penyanyi yang akrab disapa KD itu menjelaskan seperti apa perawatan DNA ikan salmon yang dijalaninya. KD diketahui sudah melakukan perawatan tersebut sejak 2019. Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun seperti yang Dialami Ashanty Terkait dengan biaya, menurut KD tidak mahal dan terjangkau. Estimasi biaya perawatan tersebut Rp 7-15 juta per kunjungan, jika tidak mengambil paket treatment.   Perawatan itu diklaim membuat KD semakin segar dan terlihat awet muda bahkan di usianya yang sudah menginjak 46 tahun. "Ekstrak DNA salmon merupakan salah satu teknik untuk membantu regenerasi kulit, mempercepat proses pembentukan kolagen, terutama penyembuhan bekas jerawat berupa scars atau berupa bopeng atau yang berwarna merah," kata Krisdayanti di akun @krisdayantilemos.

Baca juga: Berbahayakah Tidur dengan Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam?

Lantas, seperti apa perawatan yang menggunakan ekstrak DNA ikan salmon tersebut? Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang juga dokter spesialis kulit di RSUD Prof dr Margono Soekarjo Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti menjelaskan, perawatan dengan DNA salmon itu disebut Polydeoxyribonucleotide (PDRN) "PDRN merupakan obat yang dikenal memiliki efek perbaikan jaringan, anti-iskemia dan anti peradangan yang berasal dari DNA sperma ikan salmon Oncorhynchus mykiss (Salmon Trout) or Oncorhynchus keta (Chum Salmon) yand dipurifikasi dan disterilisasi," kata Ismiralda kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021). Ia pun membenarkan pernyataan KD, yang menegaskan bahwa ekstrak DNA salmon dapat membantu regenerasi kulit, mempercepat proses pembentukan kolagen, terutama penyembuhan bekas jerawat berupa scars atau berupa bopeng atau yang berwarna merah. "Memang bisa. Efek dari pemberian DNA salmon ini merangsang pembentukan kolagen yang penting dalam perawatan scar salah satunya pada akibat jerawat. DNA salmon ini juga memberikan efek tampilan kulit yang lebih baik," tuturnya. Baca juga: 7 Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Harus dilakukan pengulangan

Kendati demikian, terapi dengan DNA salmon tersebut tidak bisa hanya dilakukan sekali, harus dilakukan pengulangan untuk hasil yang maksimal. Ismiralda menjelaskan, pada jaringan kulit (terutama lapisan dermis) PDRN ini akan membentuk nukleotida-nukleotida untuk menyusun DNA dalam sel fibroblas, sehingga mereaktivasi proliferasi normal dan pertumbuhan sel fibroblas. Dalam upaya perawatan kulit di mana terjadi proses penuaan baik akibat penuaan alami maupun dini terjadi penipisan lapisan dermis akibat menurunnya kolagen. PDRN ini, imbuhnya dapat merangsang fibroblas untuk menghasilkan serabut kolagen yang padat dan tebal sehingga mengurangi tampilan dari tanda-tanda penuaan seperti kulit kering, tipis, dan keriput.

Baca juga: Nonton Film Favorit Dapat Mempercepat Tanda-tanda Penuaan

Selain itu PDRN juga berperan dalam melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar UV dengan memicu mekanisme repair DNA. Dia mengataka,n PDRN juga dikatakan bersifat anti-iskemia. "Obat ini mampu memicu proses pembentukan pembuluh darah (angiogenesis) sehingga membantu dalam proses penyembuhan luka," katanya lagi. Selain itu, menurutnya PDRN juga bersifat anti peradangan.

Baca juga: Selain Membuat Kulit Lebih Cantik, Ini Manfaat Tempe bagi Kesehatan

Efek samping   Obat tersebut bisa membantu menekan proses peradangan yang terlalu hebat pada luka dan mambantu proses penyembuhan luka berjalan dengan baik. "Jadi secara singkat DNA salmon ini dari berbagai penelitian cukup banyak memberikan manfaat, tidak hanya dalam bidang estetik saja, namun juga bermanfaat pada bidang lain seperti penyembuhan luka, kelainan tulang dan gigi, dan lain-lain," ungkapnya. Terkait biaya yang dibutuhkan, dia menjawab tergantung dari bahan yang dipakai, tujuan penggunaan, seberapa rumit pengerjaannya, dan lain-lain. "Biasanya bahan-bahan untuk prosedur estetik relatif lebih mahal dibandingkan dengan penggunaannya untuk terapi," imbuhnya.

Baca juga: Bersihkan Jerawat dan Komedo Sendiri, Apakah Aman?

Saat disinggung terkait bahaya atau efek samping dari perawatan menggunakan DNA ikan salmon, dari penelitian yang ada, PDRN relatif jarang menimbulkan reaksi alergi maupun peradangan karena dibuat dari purifikasi DNA spermatozoa yang relatif tidak mengandung peptida lain yang sering memicu alergi. Efek samping tersering justru diakibatkan dari proses pemberian PDRN tesebut, contohnya injeksi. "Efek samping yang bisa timbul seperti kemerahan, bengkak, dan lebam yang bersifat sementara," pungkasnya.

Baca juga: Viral Unggahan Penambahan Gula Pasir pada Sampo Bikin Kulit Kepala Bersih dan Sehat, Benarkah?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Apa Itu Suntik DNA Ikan Salmon yang Dilakukan Krisdayanti",

Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/07/080500665/mengenal-apa-itu-suntik-dna-ikan-salmon-yang-dilakukan-krisdayanti?page=3.
Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Sari Hardiyanto
 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita