Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Kontrak Baru Tidak Bisa Diselesaikan
Lionel Messi

By Ninik Kristiani 06 Agu 2021, 06:03:10 WIB Tokoh
Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Kontrak Baru Tidak Bisa Diselesaikan

Gambar : Messi telah bersama Barcelona selama 21 tahun, diawali dengan bergabung dengan tim muda Barca pada usia 13 tahun. Striker berusia 34 tahun tersebut merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa dan pembuat penampilan klub dengan 672 gol dalam 778 pertandingan di semua kompetisi. REUTERS/Albert Gea


Reporter: Rina Widiastuti

Editor: Rina Widiastuti

TEMPO.CO, Jakarta - Barcelona telah mengumumkan bahwa Lionel Messi akan meninggalkan klub. Kesepakatan kontrak baru tidak dapat diselesaikan karena masalah keuangan yang melilit tim Catalan itu.

Pemain Argentina itu telah menjadi agen bebas sejak masa kontraknya berakhir pada 30 Juni lalu. Namun, pada Juli lalu, seperti diberitakan ESPN, telah tercapai kesepakatan jangka panjang lima tahun antara Messi dan Barcelona.

Namun, Barca tidak dapat mendaftarkan kontrak baru Messi ke La Liga karena terganjal aturan financial fair play liga.

Barcelona menyampaikan pernyataan terkait Lionel Messi pada Kamis malam waktu setempat, 5 Agustus 2021.

ADVERTISEMENT

"Meskipun telah mencapai kesepakatan dengan Messi dan kedua belah pihak jelas ngin menandatangani kontrak baru, hal itu tidak daoat diselesaikan karena masalah keuangan dan struktural (aturan yang berkaitan dengan Liga Spanyol)," tulis klub di situs resmi mereka.

"Mengingat situasi ini, Messi tidak akan melanjutkan hubungannya dengan Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub tidak dapat terpenuhi."

"Barca mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada pemain atas kontribusinya dalam membesarkan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya dan karier profesionalnya."

Lionel Messi berfoto dengan enam trofi Ballon d`Or-nya saat penghargaan di Theater du Chatelet, Paris, Prancis, 2 Desember 2019. Salah satu pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia ini membantu Barcelona mengklaim 10 gelar liga, empat Liga Champions dan tiga Piala Dunia Antarklub di antara 35 trofi yang diraihnya. REUTERS/Christian Hartmann

Klub Spanyol itu harus mematuhi batas pengeluaran, yang mencakup uang untuk gaji dan penandatanganan pemain, yang ditentukan oleh La Liga.

Pengeluaran Barcelona mencapai lebih dari 600 juta euro sebelum pandemi virus corona. Tetapi, jumlah itu dikurangi menjadi 347 juta euro musim lalu dan diperkirakan akan dipangkas lebih jauh untuk kampanye mendatang.

Untuk mendaftarkan kontrak baru Messi ke La Liga, klub Catalan perlu mengurangi tagihan upah atau mendatangkan sejumlah uang besar dalam transfer.

Barcelona telah berusaha menjual para pemainnya yang berpendapatan besar, seperti Miralem Pjanic, Philippe Coutinho, dan Samuel Umtiti. Mereka juga berupaya mencapai kesepakatan dengan beberapa pemain lama untuk bersedia gajinya dipangkas. Tetapi, sejauh ini, pembicaraan soal pemotongan gaji itu gagal.

Pembicaraan klub dengan Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Sergi Roberto, mengenai penyesuaian gaji, masih berlangsung.

Reaksi Lionel Messi dari Barcelona saat melawan Celta Vigo dalam pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 16 Mei 2021. REUTERS/Albert Gea

Lionel Messi mencoba meninggalkan Barcelona musim panas lalu setelah berselisih dengan presiden Josep Mario Batomeu, tetapi dia akhrinya bertahan satu musim lagi di luar keinginannya.

Sejak itu, spekulasi mengenai masa depan peraih Ballon d'Or enam kali itu terus mengikuti dengan Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG) menjadi dua klub yang terus memantau situasinya. Sekarang, mereka akan menjadi favorit untuk mengontraknya dengan status bebas transfer.

Terpilihnya Joan Laporta sebagai pengganti Bartomeu pada Maret lalu tampaknya mengubah situasi klub. Messi dan keluarganya dekat dengan Laporta, yang menjadi presiden saat pemain Argentina itu masuk ke tim utama Barca.

Dalam keterangannya, Laporto juga selalu menyatakan keyakinannya bahwa Messi akan tetap bertahan di Barcelona. Namun, sumber mengatakan kepada ESPN bahwa sang pemain sendiri tidak yakin dengan pekerjaan yang dilakukan presiden klub tersebut di bursa transfer musim panas ini.

Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan dengan trofi setelah memenangkan Final Liga Champions melawan Juventus di Olympiastadion, Berlin, Jerman, 6 Juni 2015. Reuters/Kai Pfaffenbach

Sumber lain menambahkan bahwa ada juga ketidakpastian atas rincian pembayaran komisi yang terlibat dalam kesepakatan.

Kepergian Messi dari Barcelona menjadi momen bersejarah bagi klub. Dia pertama kali bergabung dengan akademi klub, La Masia, pada 2000 saat usianya 13 tahun dan telah memainkan 778 pertandingan untuk klub, memecahkan rekor penampilan Xavi Hernandez musim lalu.

Pemain internasional Argentina itu juga telah mencetak 672 gol, rekor klub lain, dan telah membantu Barcelona memenangkan sejumlah trofi, di antaranya, 10 gelar La Liga dan Liga Champions pada empat kesempatan.

Dalam prosesnya, Messi telah memenangkan enam Ballon d'Or. Ia dianggap sebagai pemain hebat di dunia.

Lionel Messi dikabarkan masih liburan bersama keluarganya. Menurut laporan media Spanyol, Marca, penyerang Argentina itu sempat berada di Barcelona setelah menghabiskan liburan di Amerika Serikat dan Republik Dominika, tetapi hanya beberapa jam sebelum kembali melanjutkan liburannya.

BARCELONA FC, ESPN, MARCA

Baca Juga: Presiden Barcelona Minta La Liga Lebih Fleksibel untuk Kontrak Lionel Messi

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita