KPK Persilakan Pengamat Militer Connie Rahakundini Buat Laporan soal Mafia Alutsista
KPK dan Pengamat Militer

By Ninik Kristiani 12 Mei 2021, 05:28:56 WIB Hukum
KPK Persilakan Pengamat Militer Connie Rahakundini Buat Laporan soal Mafia Alutsista

Kompas.com - 12/05/2021, 04:30 WIB
Penulis Rakhmat Nur Hakim | Editor Rakhmat Nur Hakim

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie melaporkan soal adanya dugaan mafia alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang berinisial Mr M. "Silakan laporkan kepada KPK dengan data awal yang dimiliki melalui layanan saluran pengaduan KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (11/5/2021). Kata Ali, KPK akan melakukan langkah-langkah analisa lebih lanjut terhadap setiap laporan masyarakat, dengan lebih dahulu melakukan verifikasi mendalam terhadap data yang diterima.

Baca juga: Kemenhan dan KPK Diminta Usut soal Dugaan Mafia Alutsista

Selanjutnya, tim KPK akan melakukan penelaahan dan kajian terhadap informasi dan data tersebut. "Apabila dari hasil telaahan dan kajian memang ditemukan adanya indikasi peristiwa pidana maka tidak menutup kemungkinan KPK akan melakukan langkah-langkah berikutnya sebagaimana hukum yang berlaku," kata Ali. Sebelumnya, pengamat militer Connie Rahakundini Bakri menyebut sosok berinisial M menjadi mafia bisnis dalam pengadaan alutsista TNI. Ia pun sempat menyinggung proyek kendaraan taktis (rantis) Maung. “Terkait beredarnya Mr. M atau mafia dalam upaya modernisasi alutsista dan atau MRO diakui keberadaannya juga oleh para tokoh antara lain anggota DPR RI Komisi I Bapak M. Farhan, Mantan Kepala BAIS Bapak S. Ponto, dan Deputy V KSP,” ungkap Connie.

Baca juga: Isu Dugaan Mafia Alutsista, Menhan Prabowo Dorong Laporkan ke KPK atau Polri

Menurutnya mengungkap mafia tersebut bukan kewenangandirinya.  Connie mengatakan a Kementerian Pertahanan dan KPK yang berwenang untuk mengungkap dan menindak mafia alutsista tersebut. “Maka menjadi tugas Kemhan bersama sama KPK dan aparat terkait untuk menggunakan seluruh perangkat yang dimiliki untuk membuka siapa saja Mr M dimaksud. Sekali lagi ya paka membuka siapa saja bukan tugas akademisi intelektual, saya gak punya pernagkat itu,” lanjut Connie. Kementerian Pertahanan juga sudah meminta Connie melaporkan temuannya ke KPK dan Polri. "Bila perlu laporkan tindakan yang bersangkutan ke KPK atau kepolisian. Jangan sampai sekedar menjadi rumor dan fitnah," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin (10/5/2021).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPK Persilakan Connie Rahakundini Lapor Soal Dugaan Mafia Alutsista Mr M

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita