Korea Utara Mencari Pengganti Kim Jong Un di Tengah Kabar Masalah Kesehatannya
Pengganti Kim Jong Un

By Ninik Kristiani 29 Agu 2021, 10:00:02 WIB Internasional
Korea Utara Mencari Pengganti Kim Jong Un di Tengah Kabar Masalah Kesehatannya

Gambar : Perbedaan tubuh Kim Jong Un.(Associated Press)


Kompas.com - 29/08/2021, 06:19 WIB
Penulis Shintaloka Pradita Sicca | Editor Shintaloka Pradita Sicca

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara mencari pengganti Kim Jong Un di tengah kekhawatiran tentang kesehatannya karena berat badannya menurun drastis. Pria tirani 37 tahun itu lebih kurus dari sebelumnya, ia kehilangan lebih dari 18 kg pada Juli. Hal itu memicu banyak spekulasi tentang penyakit serius yang diidapnya. Warga Korea Utara yang dilanda kelaparan karena berbagai bencana semakin khawatir.

Baca juga: Korea Utara Larang Warganya Bergosip Soal Berat Badan Kim Jong Un

Hingga muncul desas-desus yang semakin kencang bahwa telah ada "orangnya Kim" yang ditugaskan untuk mencari penggantinya, seperti yang dilansir dari The Sun pada Kamis (26/8/2021). Orang itu adalah Jo Yong Won, pejabat senior Partai Buruh, yang baru-baru ini mendapatkan peran wakil pemimpin baru. Disebutkan bahwa ialah yang ditugaskan untuk mencari pengganti Kim Jong Un. Seorang ahli terkemuka di Korea Utara menganggap sosok misterius Jo sebagai "kingmaker", yang akan menyiapkan "Kim" selanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

"Kita dapat mengatakan bahwa mungkin Kim Jong Un menempatkan Jo Yoong Won sebagai kingmaker, orang yang berperan membantu membimbing dan mengarahkan penerus turun temurun," kata Michael Madden, sebagai Pengawas Kepemimpinan Korea Utara, afiliasi dari pengawas 38 Utara.

Baca juga: Profil Kim Yo Jong, Otak di Balik Citra Publik Kim Jong Un

Dia menambahkan, "Mereka pasti membuat keputusan itu dengan memperhatikan transisi (pemerintahan)." Menurutnya, pemerintahan Kim membuat keputusan seperti ini dengan memperhatikan transisi potensial "dengan pandangan bahwa pemimpinnya mungkin tidak mampu lagi diperbaiki atau mungkin mati". Madden mencontohkan langkah serupa yang dilakukan ayah Kim, Kim Jong Il, menjelang akhir hayatnya.

Pada 2007, ayah Kim Jong Un mengalami TIA (serangan iskemik transien) yang disebut stroke mini.

Baca juga: Korea Utara Diterjang Banjir, Ini Perintah Kim Jong Un

"Masalah kesehatannya menjadi agak genting dan dia mulai bersiap untuk suksesi turun temurun," ujarnya tentang Kim Jong Il. "Jadi dia pada dasarnya mempercayakan sekitar lima atau enam orang yang kesetiaan dan ambisinya tidak perlu dia pertanyakan untuk dijadikan wali," lanjutnya. Wali ini adalah orang-orang yang mengambil portofolio kebijakan yang sangat besar dan sensitif. "Ini adalah orang-orang yang membuat transisi dari Kim Jong Il ke Kim Jong Un seefektif sebelumnya. Mereka semua mengawal Kim Jong Un melalui hari-hari awal itu," terangnya.

Baca juga: Muncul Noda Hitam di Belakang Kepala Kim Jong Un, Kadang Tertutup Plester

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email
 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita