Kasus Positif Corona di Afrika Tembus 5 Juta
Corona di Afrika

By Ninik Kristiani 13 Jun 2021, 08:28:06 WIB Internasional
Kasus Positif Corona di Afrika Tembus 5 Juta

Gambar : Situasi pandemi di Afrika (Foto: AP/Bram Janssen)


Isal Mawardi - detikNews, Minggu, 13 JUni 2021 

Cape Town--Kasus positif Corona (COVID-19) di Afrika terus bertambah setiap harinya. Kini, kasus positif Corona mencapai 5 juta kasus sejak pandemi dimulai pada awal tahun lalu.

Dilansir dari AFP, sebanyak 5.008.656 kasus Corona tersebar di 54 negara dan wilayah di Afrika. Rata-rata kasus Corona harian di Afrika mencapai 15.680 kasus.

Lebih dari 134 ribu warga meninggal dunia dengan rata-rata harian sekitar 320 kematian. Jumlah kasus yang diumumkan secara resmi dimungkinkan hanya separuh dari jumlah sebenarnya.

Afrika kini diprediksi akan memasuki gelombang ketiga COVID-19. Secara global, jumlah kasus COVID-19 menurun selama enam minggu berturut-turut, sebesar 14 persen, namun di Afrika, justru meningkat.

Baca juga:Sabtu Pagi di Jalan Asia-Afrika Bandung

7 dari 10 kasus di Afrika terjadi di 5 negara, yakni Mesir, Afrika Selatan, Tunisia, Uganda dan Zambia. Afrika Selatan menjadi negara di Benua Afrika yang memiliki jumlah kasus tertinggi dengan 1,7 juta.

Menurut Institut Nasional untuk Penyakit Menular, Afrika Selatan secara teknis telah masuk ke dalam gelombang ketiga Corona.

Sementara itu, penyebaran Corona tercepat tercatat di Zambia. Kenaikan kasus Corona mingguan mencapai 147 persen atau 1.200 kasus baru setiap harinya.

Baca juga:G7 Janji Sumbang 1 Miliar Dosis Vaksin Corona untuk Negara Miskin

Vaksinasi di Afrika

Vaksinasi Corona di Afrika terbilang lambat. Tercatat, hanya 2,87 suntikan per 100 pendudukan. Pekan lalu, WHO meminta negara-negara kaya untuk berbagi stok vaksin dengan negara-negara Afrika.

(isa/isa)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita