Dicurigai Terlibat Pembunuhan Presiden, Begini Reaksi PM Haiti
Pembunuhan Presiden Haiti

By Ninik Kristiani 17 Sep 2021, 12:37:48 WIB Internasional
Dicurigai Terlibat Pembunuhan Presiden, Begini Reaksi PM Haiti

Gambar : PM Haiti Ariel Henry (Foto: AFP/VALERIE BAERISWYL)


Rita Uli Hutapea - detikNews

Jumat, 17 Sep 2021 11:40 WIB

Jakarta--Perdana Menteri (PM) Haiti Ariel Henry menepis kecurigaan yang ditujukan padanya terkait pembunuhan Presiden Jovenel Moise sebagai keributan yang dimotivasi oleh kepentingan politik.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (17/9/2021), dalam sebuah pernyataan yang diposting di jejaring sosial, kepala pemerintahan Haiti itu mengecam "keributan yang diatur di tingkat nasional dan internasional seputar percakapan telepon yang terjadi pada malam pembunuhan presiden."

Moise ditembak pada 7 Juli di rumahnya di Port-au-Prince. Meski puluhan orang telah ditangkap, identitas mereka yang memerintahkan pembunuhan itu tetap menjadi misteri.

Sebelumnya pada hari Selasa (14/7) waktu setempat, komisaris pemerintah Port-au-Prince - setara dengan jaksa federal - meminta hakim yang bertanggung jawab atas kasus tersebut untuk mendakwa Henry atas dua panggilan telepon yang dia lakukan dengan salah satu tersangka utama, pejabat pemerintah Joseph Felix Badio, hanya beberapa jam setelah serangan tersebut.

Baca juga:Eks Hakim Agung Haiti Jadi Tersangka Pembunuhan Presiden Moise

Telepon Badio diduga dilacak ke daerah dekat kediaman Moise ketika Badio menelepon Henry dua kali pada dini hari tanggal 7 Juli, setelah presiden terbunuh.

Henry memecat jaksa tersebut hanya beberapa jam setelah permintaan mendakwa dirinya dibuat. Dia kemudian juga memecat Menteri Kehakiman.

Henry, yang ditunjuk oleh Moise dua hari sebelum presiden dibunuh, menambahkan bahwa "percakapan dengan individu-individu yang menjadi sasaran tuduhan tidak dapat, bagaimanapun, berfungsi untuk memberatkan siapa pun."

Sebanyak 44 orang, termasuk 18 warga Kolombia dan dua warga Amerika keturunan Haiti, telah ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan pembunuhan Moise.

Tak satu pun dari tim keamanan Moise terluka dalam serangan itu.

Baca juga:PM Haiti Pecat Jaksa yang Tuduh Dirinya Terlibat Pembunuhan Presiden

(ita/ita)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita