Taliban Umumkan Pemerintah Baru, Sejumlah Daftar Hitam PBB Jadi Pejabat
Taliban Pakistan

By Ninik Kristiani 08 Sep 2021, 04:41:39 WIB Internasional
Taliban Umumkan Pemerintah Baru, Sejumlah Daftar Hitam PBB Jadi Pejabat

Tim detikcom - detikNews

Rabu, 08 Sep 2021 00:53 WIB

Kabul--Taliban yang telah menguasai Afghanistan kini membentuk pemerintahan baru. Kelompok tersebut pun mengumumkan sejumlah sosok veteran yang bakal mengisi jabatan pemerintah.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/9/2021), sejumlah sosok veteran kelompok Taliban ternyata dipilih untuk mengisi sejumlah jabatan. Bahkan sebagian dari mereka merupakan daftar hitam PBB.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan struktur pemerintah baru ini akan menjadi pemerintahan sementara. Beberapa pejabat veteran seperti Mullah Mohammad Hassan Akhund akan menjabat sebagai penjabat perdana menteri baru.

Baca juga:Kosongnya Universitas di Afghanistan Gegara Aturan Baru Taliban

Mullah Mohammad Hassan pernah menjabat sebagai wakil menteri luar negeri di bawah rezim lama Taliban. Dia salah satu yang masuk dalam daftar hitam PBB.

Selain itu, Mujahid juga mengatakan salah satu pendiri Taliban, Abdul Ghani Baradar akan menjadi wakil pemimpin. Sebelumnya ia menjabat sebagai kepala kantor politik gerakannya, mengawasi penandatanganan perjanjian penarikan AS pada tahun 2020.

Kemudian putra salah satu pendiri Taliban, Mullah Yaqoob dan mendiang pemimpin tertinggi Mullah Omar, diangkat menjadi menteri pertahanan. Selanjutnya posisi Menteri Dalam Negeri bakal dijabat oleh Sirajuddin Haqqani.

Sirajuddin Haqqani sendiri merupakan kepala jaringan Haqqani yang sangat ditakuti. Dia juga merangkap sebagai wakil Taliban.

Baca juga:Pesan Turki: Tak Perlu Terburu-buru Mengakui Kekuasaan Taliban

Tidak lama setelah pengumuman pemerintahan baru itu, Hibatullah Akhundzada, pemimpin tertinggi rahasia Taliban buka suara. Sebelumnya dia tidak pernah tampil di publik sejak kelompok Taliban mengambil alih Afghanistan.

Dia mengatakan bahwa pemerintah baru akan "bekerja keras untuk menegakkan aturan Islam dan hukum syariah".

(maa/zap)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita