Sakit Kanker, Legenda Bulu Tangkis Indonesia Verawaty Fajrin Terbaring di Rumah Sakit
Legenda Bulu Tangkis Indonesia

By Ninik Kristiani 20 Sep 2021, 04:52:08 WIB Tokoh
Sakit Kanker, Legenda Bulu Tangkis Indonesia Verawaty Fajrin Terbaring di Rumah Sakit

Gambar : Legenda bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fajrin (kanan)(DOK. ISTIMEWA)


Kompas.com - 20/09/2021, 04:00 WIB
Penulis M. Hafidz Imaduddin | Editor Firzie A. Idris

KOMPAS.com - Ratu bulu tangkis Indonesia pada era 1980-an, Verawaty Fajrin, kini terbaring di rumah sakit karena menderita sakit kanker paru-paru. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh legenda bulu tangkis Indonesia yang juga pernah menjadi pasangan bermain Verawaty, Rosiana Tendean, pada Minggu (19/8/2021) malam WIB. Menurut Rosiana, Verawaty Fajrin sempat menjalani perawatan kemoterapi di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, sebanyak lima kali. Verawaty Fajrin kemudian divonis menderita kanker paru-paru pada Maret 2020. Berkat bantuan Kemenpora dan Kemenkes, Verawaty Fajrin akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Dharmais, Jakarta. Setelah mendapatkan perawatan di RS Dharmais, kondisi Verawaty Fajrin sempat membaik sampai diperbolehkan pulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Baca juga: PBSI Beri Bonus Ratusan Juta Rupiah untuk Greysia/Apriyani dan Anthony Ginting

Namun, beberapa hari lalu, kondisi Verawaty Fajrin kembali menurun. Verawaty Fajrin akhirnya kembali di bawa ke RS Dharmais untuk mendapatkan perawatan. Menurut Rosiana Tendean, kondisi Verawaty Fajrin masih menunggu di ruang transit RS Dharmais hingga Minggu (19/9/2021). Sebab, high care unit (HCU) RS Dharmais masih penuh. Rosiana Tendean berharap pemerintah Indonesia bisa segera membantu turun tangan langsung karena kondisi Verawaty Fajrin saat ini mengkhawatirkan.

"Kak Vera hanya pemegang kartu BPJS kelas 2. Dalam kondisi mengkhawatirkan, dia harus menunggu di ruang transit karena HCU penuh," kata Rosiana seperti dikutip dari situs Kompas.id. "Mohon pemerintah membantu pengobatan agar kondisi Verawaty membaik,” ujar Rosiana menambahkan. "Saya terakhir bertemu Kak Vera sekitar Maret lalu. Saat itu Kak Vera terlihat masih sehat. Saya kemudian mendengar Kak Vera sakit pada saat Olimpiade Tokyo 2020," ucap Rosiana. "Setelah sempat membaik dirawat di RS Dharmais, dia sempat pulang. Namun, beberapa hari lalu, kondisinya memburuk dan dibawa lagi ke Dharmais,” tutur Rosiana menambahkan.

Baca juga: Apresiasi Atlet Paralimpiade Tokyo, Presiden Jokowi Beri Bonus hingga Rp 5,5 Miliar

Verawaty Fajrin adalah legenda bulu tangkis Indonesia yang pernah berjaya pada era 1970 hingga 1980-an. Salah satu prestasi terbaik Verawaty Fajrin adalah menjadi juara dunia tunggal putri pada 1980.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Selain tunggal putri, Verawaty Fajrin juga bermain di sektor ganda putri dan juga ganda campuran sepanjang kariernya. Prestasi Verawaty Fajrin di nomor ganda putri dan ganda campuran juga tidak kalah mentereng. Verawaty Fajrin pernah meraih medali emas Asian Games 1978 dan SEA Games (1981 dan 1987) ketika bermain di nomor ganda putri. Imelda Wigoena, Ruth Damayanti, Risiana Tendean, hingga Ivana Lie adalah lima legenda bulu tangkis Indonesia yang pernah bermain bersama Verawaty di nomor ganda putri. Ketika bermain di nomor ganda campuran, Verawaty Fajrin pernah meraih gelar juara dunia 1986 bersama Eddy Hartono.

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita