Rangkaian Proses Panjang Sukmawati Pindah ke Agama Hindu
Sukmawati Pindah ke Agama Hindu

By Ninik Kristiani 24 Okt 2021, 11:19:42 WIB Tokoh
Rangkaian Proses Panjang Sukmawati Pindah ke Agama Hindu

Gambar : Proses panjang Sukmawati Soekarnoputri pindah ke agama Hindu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)


Jakarta, CNN Indonesia -- Putri Presiden Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu. Pelaksanaan ritual tersebut akan digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (26/10) mendatang.
Kepala Sukarno Center di Bali Arya Wedakarna menyampaikan, kepindahan agama Sukmawati dari Islam ke Hindu diartikan sebagai kembalinya ia ke agama leluhurnya.

Lihat Juga :
Sudhi Wadani, Ritual Pindah Agama yang Dijalani Sukmawati

Nenek Sukmawati, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben merupakan penduduk asli Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali yang beragama Hindu.

Pendalaman Agama Hindu
Arya menjelaskan, Sukmawati harus melewati proses yang panjang untuk berpindah agama ke Hindu.

Lihat Juga :
Syarat Tes PCR untuk Terbang Berlaku Mulai Hari Ini


"Kalau saya sebagai saksi perjuangan beliau. Melihat beliau itu sepertinya kok selama ini suka dengan Hindu, dengan Bali. Selalu minta datang ke Pura-pura, sudah puluhan tahun ini dan suka membaca kitab suci Hindu. Suka berdiskusi dengan para biksu para pendeta-pendeta, pemangku kami," ujar Arya.

Izin dari Keluarga
Tak hanya itu, Arya mengungkapkan bahwa pindahnya Sukmawati Soekarnoputri dari agama Islam ke Hindu sudah melalui proses persetujuan keluarga, mulai dari putra-putrinya sampai saudara-saudaranya seperti Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarnoputra.

Arya menyebut juga telah ditunjuk langsung oleh Sukmawati untuk membantu mengatur upacara Sudhi Wadhani yakni upacara pengukuhan serta pengesahan ucapan atau janji seseorang yang secara tulus ikhlas dan hati yang suci untuk menyatakan menganut Agama Hindu.

Lihat Juga :
Peneliti Ungkap Deret Kapal Asing yang Ilegal di Natuna


Upacara Sudhi Wadhani
Perpindahan agama Sukmawati menjadi Hindu dikukuhkan dalam upacara Sudhi Wadhani.

Dalam jurnal berjudul "Legalitas Upacara Sudhi Wadhani Dalam Hukum Hindu," Sudhi Wadhani merupakan upacara penyucian diri seseorang melalui janji suci untuk menganut Agama Hindu yang disaksikan oleh beberapa pihak terkait.

Dalam melakukan upacara Sudhi Wadhani, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya ialah harus membuat permohonan kepada Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) atau lembaga adat Hindu lain.

Tak hanya itu, masyarakat juga harus membuat surat pernyataan tanpa paksaan untuk menganut Hindu yang ditandatangani di atas materai.

Dalam pelaksanaan upacara Sudhi Wadhani, tidak ditentukan batas umur calon yang akan disucikan atau disudhikan.

Setelah melakukan upacara Sudhi Wadani, seseorang yang sudah resmi beragama Hindu diwajibkan untuk menjalankan semua ajaran Hindu. Perubahan atau perpindahan agama melalui Sudhi Wadhani juga bakal tercatat secara resmi secara administratif.

(pwn/bac)

Link Video terkait: KLIK DI SINI

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita