[POPULER TREN] Penjelasan Polri soal Ujian SIM C Harus Lewati Jalur Zig-zag dan Angka 8
Ujian SIM C

By Ninik Kristiani 13 Des 2021, 08:08:47 WIB Sekitar Kita
[POPULER TREN] Penjelasan Polri soal Ujian SIM C Harus Lewati Jalur Zig-zag dan Angka 8

Gambar : Berita Populer Tren 13 Desember 2021: Mengapa ujian SIM C harus zig-zag dan angka 8?(screenshoot)


Kompas.com - 13/12/2021, 05:30 WIB
Editor Rizal Setyo Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengapa ujian praktik SIM C di Indonesia harus melewati jalur zig-zag dan angka 8? Berita mengenai perbandingan ujian SIM C di Indonesia dan Taiwan itu menjadi yang terbanyak dibaca di laman Tren. Berita lainnya yang populer antara lain promo Harbolnas 12.12, video viral Gunung Merapi keluarkan awan panas, dan 10 gejala varian Omicron. Selengkapnya, berikut berita Populer Tren sepanjang Minggu (12/12/2021) hingga Senin (13/12/2021).

1. Alasan polisi ujian SIM C harus bisa zig-zag dan angka 8

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo mengatakan, alasan ujian SIM C Indonesia dibuat zig-zag hingga berputar seperti angka 8 untuk melatih keseimbangan pengemudi kendaraan bermotor. "Untuk melatih kelincahan dan keseimbangan dalam mengemudi," ujarnya dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (10/12/2021). Sementara Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Chairuddin mengatakan, ujian prakti SIM C mengukur tingkat kemahiran pengemudi roda dua dalam mengatur keseimbangan tubuh ketika mengemudikan kendaraan di jalan.

Taslim mengatakan bahwa SIM bukanlah sekedar izin yang dibutuhkan pengendara saat berkendara di jalan raya, melainkan penghargaan negara atas kompetensi yang dimiliki dalam mengemudikan kendaraan.

Selengkapnya silakan baca di sini: Ini Alasan Polri Mengapa Ujian SIM C Harus Lewati Jalur Zig-zag dan Angka 8

2. Daftar diskon Harbolnas 12.12

Berikut ini daftar restoran dan kafe yang memberikan diskon Harbolnas 12.12. Mulai dari Kopi Kenangan, Domino's Pizza, Sweet Savory Butter, Panties Pizza, dll. Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional yang diadakan sejak 12 Desember 2012.  Diskon Harbolnas 12.12 juga diberikan untuk pembelian via Grab Food, Shopee Food, dan Traveloka Eats.

Selengkapnya bisa disimak di sini: Harbolnas 12.12, Ini Daftar Restoran dan Kafe yang Beri Promo Diskon!

3. Penjelasan BPPTKG soal awan panas guguran Merapi

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida membenarkan bahwa Merapi mengeluarkan awan panas guguran, Minggu (12/12/2021).

Hanik menyebut, awan panas guguran Gunung Merapi tercatat pada pukul 10.18 WIB dengan amplitudo 27 milimeter dan durasi 158 detik.
 "Jarak luncurnya 2.000 meter ke arah barat daya, arah angin ke timur," kata Hanik saat dikonfirmasi Kompas.com Minggu (12/12/2021). Potensi bahaya dari guguran lava dan awan panas saat ini pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah Sungai Woro. Selain itu, potensi bahaya juga terdapat pada jarak 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini: Video Viral Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran, Berikut Kata BPPTKG

4. Gejala varian Omicron

Sejumlah laporan mengatakan bahwa infeksi varian Omicron cenderung menyebabkan gejala kelelahan, dan nyeri tubuh. Gejala ini lebih banyak muncul dibandingkan kehilangan rasa maupun kehilangan penciuman. Namun Kepala Eksekutif Royal Society for Public Health Christina Marriot, mengatakan mereka yang telah mendapat dua dosis vaksin biasanya menunjukkan gejala yang tidak parah.

Penjelasan selengkapnya bisa disimak di sini:

10 Gejala Varian Virus Corona Omicron, Apa Saja?

5. Kuota Kemendikbud bisa akses apa saja?

Bantuan kuota internet Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk bulan Desember sudah mulai cair Sabtu, (11/12/2021).

Bantuan kuota Kemdikbud di tahun 2021 dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Laman dan aplikasi yang diblokir oleh Kominfo dapat dilihat di http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Kuota Kemendikbud Sudah Cair 3-5 GB, Bisa untuk Akses Apa Saja?

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita