Polisi Gelar Forensik Digital Kecelakaan Vanessa Angel, Apa itu?
Gelar Forensik Digital Kecelakaan Vanessa Angel

By Ninik Kristiani 08 Nov 2021, 18:27:25 WIB Hukum
Polisi Gelar Forensik Digital Kecelakaan Vanessa Angel, Apa itu?

Gambar : Polisi melakukan olah TKP kecelakaan mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya, Jombang, Jawa Timur, Kamis, 4 November 2021. Jenazah Vanessa dan Bibi akan dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. ANTARA/Syaiful Arif


SURABAYA -Kasi Laka Subdi Gakkum Ditlantas Polda Jawa Timur, Komisaris Hendry Ferdinan Kennedy dalam keterangannya pada Sabtu 6 November 2021 mengatakan sopir Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Jody, mengakui sempat bermain ponsel dan melaju tembus 120 kilometer per jam sebelum kecelakaan terjadi.

Berdasarkan keterangan tersebut, polisi kini menyita ponsel dan alat bukti elektronik dan sedang diajukan untuk pemeriksaan forensik digital

Menyoal tentang forensik digital merupakan proses dalam mengumpulkan, mengakuisisi, memulihkan, menyimpan, dan memeriksa informasi.

Kasi Penyidikan Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Syofian Kurniawan, seperti yang dari aptika.kominfo.go.id menyebutkan pemeriksaan ini  juga dapat dilakukan pada dokumen elektronik atau media penyimpanan. 

Dalam pelaksanaan forensik digital pun tidak sembarangan, cara dan alat yang digunakan harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Proses ini dimulai dari pengambilan barang bukti elektronik di tempat kejadian perkara (TKP).




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita