NASA: Peluang Asteroid Bennu Menghantam Bumi Lebih Tinggi dari Perkiraan
Asteroid Bennu

By Ninik Kristiani 15 Agu 2021, 19:26:27 WIB Teknologi
NASA: Peluang Asteroid Bennu Menghantam Bumi Lebih Tinggi dari Perkiraan

Gambar : Gambar asteroid Bennu yang menunjukkan pelontaran partikel terbesar pada 6 Januari 2019. Kredit: NASA/GODDARD/UNIVERSITY OF ARIZONA/LOCKHEED MARTIN


Reporter: Terjemahan

Editor: Erwin Prima

Minggu, 15 Agustus 2021 17:54 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Data yang dikumpulkan dari kunjungan pesawat ruang angkasa NASA ke asteroid Bennu yang mengungkapkan bahwa generasi masa depan harus terus mengawasi batu ruang angkasa besar itu saat ia melewati Bumi pada abad ke-22.

Para peneliti menggunakan informasi dari misi Osiris-Rex yang menghabiskan lebih dari dua tahun mengorbit, mempelajari dan bahkan mengambil sampel Bennu untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang jalur masa depannya melalui tata surya bagian dalam.

Mereka menemukan kemungkinan batu selebar 1.700 kaki (518 meter) itu akan berdampak pada planet kita di masa depan sebenarnya sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya. "Kemungkinan dampak tetap kecil," kata Davide Farnocchia dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi (Cneos) NASA sebagaimana dikutip CNET, Rabu, 11 Agustus 2021.

Probabilitas itu sekitar 1 dalam 1.750, atau 0,06 persen, antara sekarang dan tahun 2300, dan kita dapat mengesampingkan kemungkinan dampak antara hari ini dan 2135. Itu adalah tahun Bennu akan lebih dekat ke Bumi dibandingkan bulan pada September.

Farnocchia menjelaskan tidak ada ancaman tabrakan selama jarak dekat itu, tetapi sebelum Osiris-Rex, ada beberapa ketidakpastian yang signifikan tentang bagaimana beberapa efek, seperti gravitasi planet kita, dapat mengubah jalur Bennu, yang mungkin membuat dampak selanjutnya lebih mungkin terjadi.

Tim peneliti menggunakan data Osiris-Rex untuk melihat segala sesuatu mulai dari kemungkinan pengaruh pesawat ruang angkasa itu sendiri (model mengatakan itu tidak mengubah jalur asteroid), hingga kekuatan kecil yang dapat diberikan oleh panas matahari pada benda kecil, yang disebut efek Yarkovsky.

"Efeknya pada Bennu setara dengan berat tiga buah anggur yang terus-menerus bekerja pada asteroid," jelas Steve Chesley, ilmuwan peneliti senior di Jet Propulsion Laboratory NASA. "Kecil, ya, tapi signifikan ketika menentukan peluang dampak Bennu di masa depan selama beberapa dekade dan abad yang akan datang."

Farnocchia, Chesley dan beberapa rekan lainnya menulis sebuah studi tentang perjalanan masa depan Bennu yang diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Icarus.

Pada dasarnya, penelitian baru itu memungkinkan umat manusia untuk terus menghalau kecemasan terhadap Bennu lebih jauh. Kita sekarang dapat mengatakan dengan yakin bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan hingga tahun 2135, dan mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan sampai setidaknya tahun 2300, tetapi Anda dapat bertaruh bahwa para peneliti di tahun-tahun mendatang akan mengamati secara dekat rencana perjalanan asteroid untuk bulan September 2182.

Secara khusus, 24 September 2182, adalah tanggal tunggal paling signifikan dalam rencana perjalanan Bennu karena memiliki peluang 0,04 persen untuk berdampak pada Bumi pada hari itu. Cara lain untuk melihat itu, tentu saja, adalah ada kemungkinan 99,96 hal itu tidak akan mengenai kita. "Kita seharusnya tidak terlalu mengkhawatirkannya," Farnocchia mengulangi. "Kita punya waktu untuk terus melacak asteroid itu."

Baca:
Cina Akan Luncurkan Puluhan Roket Pembelok Asteroid Bennu Hindari Armageddon




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita