Mantan Bek Perancis Meninggal Usai 39 Tahun Koma, Kesetiaan Sang Istri Hadirkan Pilu
Mantan Bek Perancis Meninggal

By Ninik Kristiani 07 Sep 2021, 06:00:56 WIB Tokoh
Mantan Bek Perancis Meninggal Usai 39 Tahun Koma, Kesetiaan Sang Istri Hadirkan Pilu

Gambar : Mantan bek tim nasional Perancis, Jean-Pierre Adams.(AFP)


Kompas.com - 07/09/2021, 05:30 WIB

Penulis Benediktus Agya Pradipta | Editor Tri Indriawati

KOMPAS.com - Mantan bek tim nasional Perancis, Jean-Pierre Adams, yang 39 tahun terbaring karena koma dilaporkan meninggal dunia pada usia 73 tahun. Laporan terkait meninggalnya Jean-Pierre Adams diketui pada Senin (6/9/2021). BBC menulis, Jean-Pierre Adams sebelumnya dirawat di rumah sakit untuk menjalani operasi lutut pada Maret 1982. Namun, sejak saat itu, Jean-Pierre Adams justru tak penah sadarkan diri. Dia terbaring koma sambil ditemani istrinya yang setia, Bernadette Adams.

Baca juga: Ditahan Ukraina di Kualifikasi Piala Dunia, Perancis Catat Rekor Buruk

Beberapa sumber, termasuk BBC, menyebut bahwa koma yang dialami Jean-Pierre Adams terjadi karena kesalahan pasokan anestesi ketika operasi lutut dilakukan. Kesalahan itu kemudian membuat Jean-Pierre Adams menderita serangan jantung dan kerusakan otak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Sementara itu, ahli anestesi yang ketika itu menangani Jean-Pierre Adams diganjar hukuman percobaan satu bulan dan denda 750 euro. Hukuman tersebut baru diberikan pada pertengahan 1990-an atau beberapa tahun setelah Jean-Pierre mulai mengalami koma.

Baca juga: Anthony Martial untuk Timnas Perancis: Minim Gol, Rajin Assist

Selama aktif berkarier, Jean-Pierre Adams merupakan bek andalan timnas Perancis yang kerap dipasangkan dengan Marius Tresor pada era 1970-an. Di level klub, pria kelahiran Senegal itu pernah membela Nimes, OGC Nice, dan Paris Saint-Germain (PSG).

OGC Nice sebagai salah satu klub yang pernah dibela Jean-Pierre Adams mengungkapkan duka mendalam atas kepergian mantan pemainnya itu. Le Gym, julukan OGC Nice, berencana memberi penghormatan kepada Jean-Pierre Pierre Adams sebelum pertandingan Liga Perancis melawan AS Monaco di Stadion Allianz Riviera, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia - Perancis Seri, CR7 Selamatkan Portugal

"OGC Nice sangat berduka dengan berita yang menyebut bahwa Jean-Pierre Adams telah meninggal dunia, mengalami koma sejak 17 Maret 1982 (145 penampilan untuk Le Gym antara 1973-1977)," tulis OGC Nice di akun Twitter klub. "OGC Nice menyampaikan belasungkawa terdalam kepada semua orang yang dicintai, yang menjaganya selama 39 tahun." "Klub akan memberi penghormatan kepada Jean-Pierre Adams menjelang melawan AS Monaco di Allianz Riviera pada Minggu 19 September," demikian pernyataan OGC Nice.

Image

Image

Baca juga: Hasil Ukraina Vs Perancis, Les Bleus Tertahan di Markas Lawan

Kesetiaan Sang Istri, Bernadette Adams

Kesetiaan yang ditunjukkan Bernadette Adams menghadirkan kisah pilu di balik kepergian suaminya, Jean-Pierre Adams. BBC mendeskripsikan Bernadette sebagai sosok yang luar biasa, memiliki jiwa lembut sekaligus tangguh. Dia tak pernah kehilangan kesabaran dan semangat dalam menjaga Jean-Pierre Adams yang 39 tahun terbaring karena koma. Selama hampir empat dekade, Bernadette menghabiskan hari-harinya untuk merawat Jean-Pierre Adams. Dia menggantikan pakaiannya, menyiapkan makanan, mengajak bicara, dan bahkan tak pernah lupa memberikan hadiah pada hari-hari spesial. Kini, Bernadette tak bisa melakukan hal yang telah menjadi rutinitas sejak 39 tahun lalu tersebut. Doa untuk Jean-Pierre Adams sang sosok suami serta pesepak bola kebanggaannya yang menurut legenda Jerman, Franz Beckenbauer, memiliki keterampilan jauh di atas rata-rata.

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita