Dibantu TNi Polri, 350 UMKM Jabar Lakukan Tranformasi Digital
UMKM Jabar

By Ninik Kristiani 17 Sep 2021, 12:02:55 WIB Teknologi
Dibantu TNi Polri, 350 UMKM Jabar Lakukan Tranformasi Digital

Gambar : Keikutsertaan akademisi dalam transformasi digital nasional(Shutterstock/ Nattakorn_Maneerat)


Kompas.com - 17/09/2021, 11:50 WIB
Penulis Kontributor Bandung, Agie Permadi | Editor Aprillia Ika

BANDUNG, KOMPAS.com - Pandemi covid -19 ini banyak masyarakat kecil yang terdampak secara ekonomi. Guna membangun kembali perekonomian masyarakat, empat Matra gabungan, TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Kepolisian yang tergabung dalam lulusan Akabri 1996 Bharatasena, mendorong ratusan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), melakukan transformasi digital. "Selama ini UMKM sulit masuk ke marketplace, dalam waktu dua minggu kita merekrut UMKM untuk masuk ke market place. Total ada 350 UMKM di Jawa Barat yang kita fasilitasi dengan aplikasi dan terintegrasi dengan e-comerce besar pertama Tokopedia, Shopee dan Bukalapak," kata Kombes Pol Arif Rahman, yang mewakili Akabri Bharatasena, saat ditemui di, Kabupaten Bandung, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Kiprah Ani, Seorang Ibu yang Sukses Jadi Fotografer Produk UMKM

Dikatakan, membantu UMKM melakukan tranformasi digital ini sebagai bentuk  pengabdian Akabri 96 terhadap masyarakat fan bangsa. "Kita sebut, transformasi digital UMKM Presisi untuk mengangkat UMKM yang 96 persen menjadi PDB Indonesia," ungkapnya. Menurutnya, transformasi digital UMKM ini disinyalir mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. "Jadi, ekonomi diangkat, kesejahteraan meningkat, otomatis negara akan lebih tumbuh dan lebih tangguh," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Baca juga: 341.000 Pelaku UMKM di Riau Dapat Bantuan Keuangan dari Pemerintah Pusat, Segini Besarannya

Adapun beberapa sektor perekonomian yang diangkat yakni kuliner, fesyen, yang sesuai dengan segmentasi warga Jawa Barat. "Tentunya nanti kita angkat juga kearifan lokalnya, seperti Borondong Soreang, ungkapnya. Selain tranformasi digital, Akabri 96 Bharatasena juga membantu memberikan puluh ribuan bantuan sosial bagi terdampak Covid-19 dan puluhan ribu vaksinasi bagi masyarakat di Jawa Barat. "Vaksinasi kita siapkan 10.000 untuk wilayah Jawa Barat, kedua Bansos juga demikian 10.000 paket," ucapnya.

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita