Asa Lusiana Saleh Kembangkan Digital Banking
Digital Banking

By Ninik Kristiani 08 Okt 2021, 05:25:21 WIB Teknologi
Asa Lusiana Saleh Kembangkan Digital Banking

Gambar : Branchless Banking Business Development Head PT Bank CIMB Niaga Tbk Lusiana Saleh(Dok. CIMB Niaga)


Kompas.com - 08/10/2021, 04:31 WIB
Penulis Aditya Mulyawan | Editor Aditya Mulyawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, talenta di bidang digital dari beragam latar belakang sangatlah diperlukan oleh berbagai institusi, mulai dari perusahaan rintisan (startup) hingga perbankan. Terlebih, institusi perbankan saat ini semakin masif mengembangkan layanan berbasis digital. Pasalnya, di balik inovasi yang tercipta, tentu ada talenta-talenta hebat yang merancang dan mengimplementasikannya. Salah satunya adalah Branchless Banking Business Development Head PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Lusiana Saleh. Lusi, begitu ia akrab disapa, adalah bagian dari tim yang terlibat langsung dalam proyek digitalisasi di CIMB Niaga, di antaranya pengembangan OCTO Mobile. Dimulai dari aplikasi mobile banking, OCTO Mobile bertransformasi menjadi aplikasi digital banking, hingga kini menjelma sebagai super app. Meski tak memiliki latar belakang pendidikan formal terkait digital, lulusan Teknik Industri dari Purdue University, Amerika Serikat ini langsung ditugaskan di bidang yang tak jauh dari digital sejak pertama bergabung dengan CIMB Niaga pada 2012, yakni sebagai Branch and Branchless Value Proposition Head.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Lusi menyambut kesempatan itu dengan semangat. Ia pun cepat belajar sehingga bisa berkontribusi dalam pengembangan ekosistem digital CIMB Niaga hingga saat ini. Seiring penugasan yang diberikan perusahaan, passion Lusi dalam bidang digital terbentuk dan semakin kuat. Pada awal kariernya di CIMB Niaga, ia dipercaya untuk menyiapkan peluncuran Rekening Ponsel, e-wallet berbasis nomor handphone pertama di Asia. Layanan tersebut melengkapi kehadiran mobile banking “Go Mobile” dan internet banking “CIMB Clicks” yang telah diperkenalkan CIMB Niaga sebelumnya. Selanjutnya, ibu dua orang anak itu juga turut mengawal hadirnya kantor cabang digital (Digital Lounge), hingga transformasi sekaligus rebranding mobile banking dan internet banking CIMB Niaga menjadi OCTO Mobile dan OCTO Clicks.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
“Sebagai bagian dari tim yang melaksanakan project digital, saya ikut berkontribusi, mulai dari merencanakan fitur apa yang akan masuk, target segmentasi, marketing, angka transaksi, sampai inovasi yang perlu dilakukan pada digital banking channel tersebut,” kata Lusi kepada Kompas.com, Kamis (7/10/2021). Bagi Lusi, pengembangan digitalisasi di   merupakan langkah panjang yang telah direncanakan sejak awal dengan fondasi yang kuat. Dengan demikian, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia itu bisa lebih cepat beradaptasi dengan pesatnya teknologi dan berkembangnya kebutuhan nasabah. Terlebih, ketika pandemi melanda yang berdampak pada lonjakan kebutuhan digital banking dalam dua tahun terakhir. “Saya bersyukur, perkembangan digital banking CIMB Niaga, khususnya OCTO Mobile sangat pesat. Ini adalah hasil kerja keras yang selama ini dilakukan oleh tim dan ber-impact positif langsung kepada nasabah,” ujar Lusi. Lusi menambahkan, pihaknya akan terus berinovasi sesuai kebutuhan nasabah sehingga berbagai aktivitas perbankan, mulai dari menabung, bertransaksi, berinvestasi, hingga pinjaman, dan layanan penunjang lainnya bisa dilakukan dari OCTO Mobile. Pantang menyerah Selama hampir satu dasawarsa bergabung dengan CIMB Niaga, Lusi merasa beruntung karena diberikan berbagai kesempatan untuk terus belajar hal-hal baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Beberapa hal baru yang dipelajari Lusi di antaranya adalah menangani marketing untuk e-channel, mengelola digital dari sisi business, dan mengurus development, seperti penambahan fitur-fitur digital banking. Loyalitasnya kepada CIMB Niaga tidak datang begitu saja. Hal ini tumbuh karena lingkungan yang mendukung, challenges yang diberikan oleh perusahaan sangat menantang pengembangan diri, dan atasan yang terus menopangnya. “Atasan saya paling superb. Beliau mendukung saya terus maju, berusaha, dan belajar bersama. Saya didorong untuk berani mencoba dan pantang menyerah. Tim saya juga luar biasa, kami bersama-sama membangun banyak hal baru dari nol. Contohnya, OCTO Mobile. Banyak (kolega) yang sudah bareng saya sejak 2012. Jadi bukan sekadar tim, tapi lebih ke keluarga besar,” ungkap Lusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dalam hidup, Lusi berpedoman pada prinsip pantang menyerah dan siap terus maju. Menyadari bahwa dirinya tidak sempurna, Lusi memastikan diri untuk bekerja lebih keras dan “go the extra miles”. Ia selalu teringat dan menerapkan pesan supervisor-nya, yaitu niat baik, proses baik, hasilnya pasti baik. Dengan berpegang pada pesan tersebut, Lusi bisa meningkatkan kinerjanya bersama tim. Terbukti, ia berhasil memenangkan beberapa penghargaan, seperti CIMB Group Emerald Award pada 2016 dan Best Leadership Award dari CIMB Niaga pada 2018. Untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan personal, Lusi selalu menyempatkan diri menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Salah satunya dengan olahraga bersama seperti bersepeda. Baginya, keluarga berperan sangat penting karena memberikan kekuatan yang mendukung kesuksesan dalam bekerja. Kepada para bankir muda, Lusi berpesan agar jangan ragu untuk mencoba. Setiap orang bisa menjadi apa pun yang diinginkan asalkan mau terus berusaha. Contohnya adalah Lusi sendiri, seorang lulusan Teknik Industri yang kini sukses berkarier di bidang digital banking. Di tengah perayaan ulang tahun ke-66 CIMB Niaga, Lusi memiliki secarik harapan untuk perusahaan yang menaunginya selama hampir satu dasawarsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

“CIMB Niaga adalah tempat saya besar, tempat saya belajar menjadi saya sekarang, tempat saya menjalani tahun-tahun terbaik saya. Saya berharap, CIMB Niaga terus maju, terus sukses, dan terus terdepan melalui semua inovasi produknya. Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari kesuksesan CIMB Niaga,” ujar Lusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita