7 Olahan Biji Sagu Mutiara, Ada Kolak dan Cantik Manis
Olahan Biji Sagu Mutiara

By Ninik Kristiani 08 Nov 2021, 18:59:57 WIB Kuliner
7 Olahan Biji Sagu Mutiara, Ada Kolak dan Cantik Manis

Gambar : ilustrasi kolak mutiara. (SHUTTERSTOCK/Olipe_Oile)


Kompas.com - 08/11/2021, 18:12 WIB
Penulis Krisda Tiofani | Editor Silvita Agmasari

KOMPAS.com - Biji sagu mutiara bisa diolah menjadi aneka sajian manis dan gurih yang cocok dijadikan camilan di tengah waktu luang. Kamu bisa membeli biji sagu mutiara di beberapa tempat, seperti pasar, toko kue, atau swalayan dengan belasan ribu rupiah per setengah kilogram. Sebelum mengolah biji sagu mutiara, pastikan untuk merebus biji sagu mutiara hingga matang terlebih dahulu, lalu campur dengan bahan tambahan lain sesuai dengan sajian yang dibuat. Ada tujuh olahan biji sagu mutiara yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat camilan enak, seperti berikut ini:

Baca juga: 6 Cara Masak Sagu Mutiara agar Tidak Lengket, Rebus 2 Kali

1. Kolak mutiara Kolak mutiara merupakan salah satu olahan biji sagu mutiara yang dibuat dengan tambahan santan kelapa. Selain biji sagu mutiara dan santan kelapa, kolak mutiara juga biasanya disajikan dengan tambahan bahan lain, seperti ubi jalar dan pisang yang sudah dikukus.

Kamu perlu merebus biji sagu mutiara hingga matang sempurna terlebih dahulu sebelum membuat kolak mutiara. Setelah itu, sagu mutiara bisa dimasukkan ke dalam santan yang sudah direbus bersama ubi dan pisang.

Baca juga: Resep Kolak Sagu Mutiara, Menu Takjil Manis dan Ekonomis

2. Cantik manis

ilustrasi cantik manis atau cente manis, kue manis khas Nusantara.

ilustrasi cantik manis atau cente manis, kue manis khas Nusantara. (SHUTTERSTOCK/Nur Salamah) Cantik manis atau cente manis merupakan kue basah khas Indonesia yang dibuat dari tepung hunkue dan tambahan bahan tertentu.

ilustrasi bubur sagu mutiara.

Salah satu bahan tambahan yang umum digunakan untuk membuat cantik manis adalah biji sagu mutiara. Tepung hunkue harus direbus terlebih dahulu bersama santan, gula, garam, dan vanili hingga matang atau meletup-letup. Setelah itu, biji sagu mutiara yang sudah direbus hingga matang bisa langsung dimasukkan ke dalam campuran tepung hunkue, lalu dibungkus dengan plastik bening.

Baca juga: Resep Cantik Manis Jeli, Kue Basah Kekinian buat Sarapan dan Jualan

3. Bubur mutiara Selanjutnya, ada bubur sagu mutiara atau bubur mutiara yang merupakan olahan biji sagu mutiara bercita rasa manis dan gurih. Biji sagu mutiara harus direbus terlebih dahulu hingga matang bersama beberapa bahan lain, seperti air, daun pandan, gula, dan garam.

Setelah itu, sagu mutiara bisa diangkat dan disajikan di dalam piring atau mangkuk, lalu disiram dengan santan yang sudah direbus hingga mendidih.

Baca juga: Resep Bubur Mutiara, Dessert Manis dan Kenyal untuk Buka Puasa

4. Es mutiara 

ilustrasi es mutiara.

ilustrasi es mutiara. (SHUTTERSTOCK/DWI YULIANTO) Ada juga sajian menyegarkan yang dibuat dari biji sagu mutiara, yaitu es mutiara. Es mutiara bisa dibuat dengan tambahan cendol, cincau, atau nangka untuk menambah tekstur, rasa, dan mempercantik tampilan es mutiara.
Ilustrasi dessert melon sagu mutiara.

Ilustrasi dessert melon sagu mutiara. (Dok. Yummy.ph/Charlie Altomonte)


Setiap bahan untuk membuat es mutiara harus dimasak hingga matang terlebih dahulu. lalu satu per satu bahan dimasukkan ke dalam gelas saji yang sudah diberi gula merah cair dan es batu. Setelah semua bahan sudah dimasukkan ke dalam gelas, kamu bisa menyiramnya dengan santan kelapa yang sudah direbus.

Baca juga: Resep Kolak Sagu Mutiara, Menu Takjil Manis dan Ekonomis

5. Dessert melon sagu mutiara Selain es mutiara, biji sagu mutiara juga bisa dijadikkan dessert dingin yang menyegarkan dengan tambahan buah, seperti dessert melon sagu mutiara. Dessert melon sagu dibuat dari biji sagu mutiara, jus melon, krim kocok, dan kental manis. Jus melon dimasak terlebih dahulu dengan campuran air dan gelatin, lalu didinginkan di kulkas dan dipotong-potong kotak. Setelah itu, jus melon dimasukkan ke dalam gelas saji bergantian dengan sagu mutiara yang sudah dicampur dengan krim kocok dan kental manis.

Baca juga: Resep Dessert Melon Sagu Mutiara, Dingin dan Segar

6. Puding mutiara 

ilustrasi puding mutiara.

ilustrasi puding mutiara. (SHUTTERSTOCK/Kucingrabbit)

Sama seperti olahan biji sagu mutiara lainnya, kamu perlu merebus biji sagu mutiara terlebih dahulu hingga matang. Sambil meniriskan sagu mutiara yang sudah direbus, siapkan agar-agar dan masak bersama santan, gula, dan tambahan bahan lainnya hingga mendidih.
ilustrasi kolak mutiara.

ilustrasi kolak mutiara. (SHUTTERSTOCK/Olipe_Oile)

Jika sudah mulai mendidih, matikan api dan tambahkan sagu mutiara, lalu aduk perlahan. Adonan puding sagu mutiara bisa langsung dicetak sesuai selera, lalu didinginkan, dan disantap sebagai camilan.

Baca juga: 5 Kreasi Olahan Tape Ketan, dari Wedang hingga Puding

7. Putu bihun sagu mutiara Ada aneka jenis putu. Salah satunya putu bihun yang dibuat dengan tambahan sagu mutiara rebus. Kamu bisa menggunakan bihun kering yang direbus dengan bumbu untuk membuat putu bihun sagu mutiara. Setelah itu, bihun bisa dicampur dengan sagu mutiara yang sudah direbus dan tepung sagu, lalu dicetak menggunakan cetakan putu kecil dan dikukus hingga matang.

Baca juga: Resep Kue Putu Mayang Tanpa Cetakan, Lebih Praktis dan Adonan Tidak Meleber

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita