19.000 Migran Berkumpul di Kolombia Dekat Perbatasan Panama
Migran

By Ninik Kristiani 23 Sep 2021, 05:47:21 WIB Internasional
19.000 Migran Berkumpul di Kolombia Dekat Perbatasan Panama

Gambar : Saat Pesawat AS Diserbu Migran yang Tak Mau Kembali ke Haiti (Foto: AP Photo/Joseph Odelyn)


Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 03:45 WIB

Jakarta - Sekitar 19.000 migran, terutama Haiti, berkumpul di pantai utara Kolombia. Mereka berharap bisa menyeberang ke Panama dan menemukan rute ke Amerika Serikat.
Dilansir dari AFP, Kamis (23/9/2021), beberapa telah terdampar selama berminggu-minggu di kota pesisir Necocli di departemen Antioquia barat laut. Mereka menunggu kursi di kapal yang melintasi Teluk Uraba dengan kapal ke Acandi, yang berbatasan dengan Panama.

Hanya ada 250 tiket kapal yang tersedia setiap hari, kata ombudsman hak asasi manusia Kolombia, Carlos Camargo.

Dia melaporkan bahwa misi "mengevaluasi krisis migran" di Necocli - sebuah desa berpenduduk 45.000 orang dan sekitar 19.000 migran tidak berdokumen di sana.

Sebagian besar migran adalah orang Haiti, kata Camargo di Twitter.

Baca juga:
Dipulangkan ke Haiti, Migran Marah-marah ke Joe Biden
Warga Haiti merupakan bagian penting dari puluhan ribu migran yang telah tiba di perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir, menimbulkan sakit kepala bagi pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Menunggu kemacetan di Kolombia, para migran menyewa kamar atau rumah pribadi atau berkemah di pantai, tergantung pada kemampuan mereka.

Sekitar 11.500 orang telah membeli tiket untuk melakukan perjalanan dengan perahu pada 13 Oktober, dan sejumlah orang yang tidak diketahui lebih lanjut yang tidak dapat membeli tiket telah menggunakan bentuk penyeberangan "ilegal" lainnya, kata Camargo.

Begitu menyeberang, para migran memulai, dengan berjalan kaki, perjalanan berbahaya dari Acandi melalui hutan Darien, di mana mereka melawan ular, jurang terjal, sungai yang meluap, hujan tropis, dan penjahat yang sering dikaitkan dengan perdagangan narkoba.

Dalam laporan baru-baru ini, Doctors Without Borders (dikenal dengan singkatan bahasa Prancis MSF) mengatakan geng kriminal di hutan memangsa para migran, dan penyerangan serta pemerkosaan adalah hal biasa.

Baca juga:
Video Ribuan Warga Haiti Berbondong-bondong Menuju AS
Berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Kolombia dan Panama, tidak lebih dari 650 migran diizinkan melakukan perjalanan setiap hari.

Lebih dari 50.000 orang telah melintasi perbatasan Kolombia-Panama sepanjang tahun ini.

Begitu tiba di Panama, MSF melaporkan bulan lalu, para migran ditahan untuk diproses dan dideportasi.

Mereka yang menunggu proses administrasi atau peradilan -- permohonan pengungsi, misalnya, atau memberikan kesaksian melawan pedagang manusia -- dapat ditahan di pusat penerimaan migran selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

"Pusat-pusat itu menjadi sumber keluhan, karena mereka yang ditahan di sana menghadapi makanan dan tempat tinggal yang tidak memadai, kekurangan air bersih dan mandi, dan tidak ada sarana untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka," kata MSF.

Baca juga:
AS Usir Belasan Ribuan Migran di Perbatasan Texas-Meksiko
Perbatasan Kolombia-Panama adalah persimpangan utama bagi para migran yang berharap untuk membuat kehidupan baru di Amerika Serikat, yang sering kali melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan di negara asal mereka.

Tahun lalu, gelombang migran yang stabil dari Kolombia ke utara mengering karena pembatasan perjalanan virus corona dan penutupan perbatasan.
Namun para pejabat mengatakan ada beberapa ribu pendatang baru di Necocli dalam beberapa pekan terakhir.
(eva/eva)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Principal

Pengawas Sekolah
DR. NINIK KRISTIANI, M.PD

Jejak Pendapat

Menu apakah yang paling Anda sukai dari website ini?
Koleksi video
Ruang pengumuman
Menu pada link terkait
Menu unduhan
Ruang konsultasi
Ruang berita